Langsung ke konten utama

Cara mengelas besi Tipis Hollow dengan las listrik

Cara mengelas besi Tipis Hollow dengan las listrik

Seperti yang sudah pernah Ide Bagus Masa Kini bahas tentang Cara mengelas plat Tipis agar tidak bolong dan Teknik las besi Hollow dengan las listrik. Artikel ini merupakan gabungan dari kedua artikel tadi yaitu mengelas besi hollow yang tipis agar tidak bolong. Besi hollow merupakan besi yang mempunyai bolongan di tengahnya biasanya bolongan tersebut berbentuk persegi atau segi empat.


Sedangkan besi tipis merupakan besi yang mempunyai ketebalan yang kecil atau biasa di bilang tipis, biasanya di bawah 1 mili meter. Besi tipis ini biasanya harganya lebih murah dan lebih ringan di bandingkan dengan besi biasa dengan ketebalan di atas 1 mili meter. Fungsinya juga hampir sama tetapi bedanya adalah besi tipis ini kurang rekomend untuk penyangga rumah karena lebih sering di pakai untuk penyangga atap atau bagian atas rumah. Sedangkan pada besi yang lebih tebal biasanya digunakan untuk menyangga rumah atau bangunan dan kurang rekomend di gunakan untuk atap rumah. berikut perbedaannya:

Besi hollow yang tipis

Besi hollow yang tipis

besi hollow

besi hollow

besi plat tipis

besi plat tipis


Kelebihan dan Kekurangan besi hollow tipis

Keunggulan besi hollow tipis
-ringan, besi hollow mempunyai keunggulan ringan karena di desain tipis oleh para pembuatnya.
-murah, karena desain tipis maka otomatis bahan yang di butuhkan untuk membuat besi hollow tipis menjadi murah dan hal tersebut dapat memotong biaya.

Baca juga : Daftar Harga Besi Hollow Terbaru Semua Ukuran dan Kegunaanya

Kekurangan besi hollow tipis
-mudah bolong saat di las, karena ketebalan kurang dari 1mm maka otomatis besi tipe ini mudah bolong.
-mudah rusak, sama seperti point sebelumnya karena lapisan yang tipis membuatnya mudah rusak. Tetapi bisa mengakali dengan memberikan cat atau metode lainnya.

Cara mengelas besi hollow tipis

Bahan dan Alat mengelas besi hollow tipis:

1. Besi hollow Tebal, Besi Tebal disini di gunakan sebagai besi test pada saat pertama mengguankan las agar nantinya tidak bolong saat mengelas plat utama.
2. Besi hollow tipis, Besi hollow tipis ini adalah besi utama yang akan di las nantinya.
3. Las, Mesin las dan jangan lupa sambungkan ke sumber listrik.
4. Kawat Las, Siapkan beberapa kawat las dengan ukuran dan jenis yang sesuai dengan plat tipis agar nantinya tidak bolong saat di las.
5. Sarung tangan, Sarung tangan di perlukan untuk melindungi tangan dari percikan api las saat sedang melakukan proses pengelasan.
6. Kacamata dan Masker khusus mengelas, Gunakan juga untuk keamanan saat melakukan pengelasan agar nantinya mata dan hidung tidak terkena serbuk las.
7. Gergaji Besi. Nanti digunakan untuk memotong dan juga membersihkan pinggiran potongan Besi Hollow tipis yang kurang bagus pada perpotongannya.
8. Pensil. Untuk menandai atau membuat garis pada Besi hollow agar nantinya tidak keluar jalur.
9. Penggaris. Untuk menggaris dan mengukur panjang bagian-bagian yang terdapat pada besi.

Baca juga : Teknik Las Besi Hollow Dengan Las Listrik

Langkah untuk mengelas Besi hollow yang tipis:

1. Gunakan pengaman seperti sarung tangan, kacamata dan masker untuk melindungi tubuh saat sedang mengelas.
2. Pasang Gergaji Listrik dengan sumber listrik.
3. Perkirakan dan juga garisi bagian yang akan di potong.
4. Potong besi hollow tipis dengan perlahan dan juga berhati-hati.
5. Nyalakan mesin las dengan menyambungkan sumber listrik pada mesin.
6. Pasang kawat las pada ujung las dengan perlahan, jangan lupa "pasang dalam keadaan tombol off/ tombol tidak di tekan".
7. Mulai Nyalakan dengan keadaan ON lalu test pada besi yang kita gunakan untuk "TEST".
8. Setelah kita mengetahui berapa lama waktu yang kita butuhkan untuk mengelas, maka kita bisa mulai mengelas pada besi atau besi hollow tipis.
9. Mulai mengelas 3 titik kecil pada sambungan Besi Hollow. Setelah itu balikkan Besi Hollow dan las kembali 3 titik, lakukan pada berbagai sisi.
10. Setelah itu mulai mengelas garis, tetapi secara cepat agar besi hollow tidak berlubang.
11. Ambil besi hollow tipis yang sedang di las. Perbaiki lengkungan dan posisi setelah itu mulai lah mengelas dengan "cepat".
12. Las sepersekian detik agar plat tipis tidak bocor, setelah kawat las habis pasang kembali dan ulangi pengelasan.
13. Lakukan sampai bagian plat besi lengket semua, lakukan finishing seperti perbaikan bagian yang penyok, bersihkan besi berlebih dan dempul bagian yang kurang bagus.

Sekian "Cara mengelas besi Tipis Hollow dengan las listrik" yang sudah di bagikan Ide Bagus Masa Kini, terima kasih sudah membaca jangan lupa untuk koment dan share :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyembuhkan Mata Sakit Akibat Mengelas

Cara Menyembuhkan Mata Sakit Akibat Las Listrik - Dalam dunia las ditambah lagi las listrik tentu tidak jauh dari pengalaman yang satu ini . Terpenting buat beberapa pemula yang baru belajar mengerjakan pengelasan . Terkadang mengalami peristiwa sakit pada mata , seperti pandangan yang tampak kabur , mata berasa panas , perih dll . Peristiwa seperti itu akan tidak berlangsung bila Anda telah di bekali pengetahuan yang oke , umumnya berlangsung pada pemula . Berlainan dengan yang telah senior , ditambah lagi yang sehari-harinya menekuni dalam pengelasan . Bisa di yakinkan jauh dari perihal mata sakit di karenakan usai mengelas . Hal itu sempat juga dihadapi oleh admin CaraKitaHD pada saat masih tetap belajar tentang las listrik Itu semua berlangsung sebab minimnya pengetahuan akan apa yang di butuhkan waktu lakukan pengelasan . Yakni dari tingkat saffety atau keamanan saat menjalankan mesin las listrik . Dikit cerita tentang pengalaman diri ini mengenai mata yang sakit karena las . Pe

Cara Mengelas Plat Tipis Agar Tidak Bolong

Plat besi mempunyai banyak ukuran dan ketebalan mulai dari yang kecil hingga yang paling besar. Biasanya plat besi tertentu mempunyai sifat yang mudah tembus saat di las, oleh karena itu kita harus mengetahui teknik atau cara untuk mengelas besi yang mudah tembus las tersebut. Teknik ini perlu di pelajari agar kita paham mengelas besi tipis yang perlu di lengketkan pada bagian sudut-sudutnya tanpa bolong. Penyebab Plat Besi bolong saat di las. Menurut Ide Bagus Masa Kini Plat besi tipis yang bolong saat di las terjadi karena banyak faktor kesalahan. Mulai dari yang paling sederhana hingga kesalahan yang sangat fatal seperti .Plat besi yang bolong saat di las biasanya terjadi karena banyak faktor seperti berikut ini: 1. Plat tipis yang terlalu lama di las. Saat mengelas plat besi tipis, harus lakukan dengan cepat. Jangan sampai plat sudah lengket tetapi kalian tetap menyalahkan lasnya. Karena berbeda 1-2 detik saja dari lama pengelasan bisa menyebabkan plat besi tipis menjadi bolong

Jenis Kawat Las Dan Penggunaanya Untuk Pengelasan

Kawat las berselaput yang digunakan pada Ias busur listrik memiliki ketidaksamaan formasi selaput ataupun kawat Pokok. Pelapisan fluksi pada kawat pokok bisa dengah langkah destrusi, semprot atau celup. Ukuran standard dia­meter kawat pokok dari 1,5 mm sampai 7 mm dengan pan­jang pada 350 sampai 450 mm. Beberapa jenis selaput fluksi pada Kawat las contohnya selulosa, kalsium karbonat (Ca C03), titanium dioksida (rutil), kaolin, kalium oksida mangan, oksida besi, serbuk besi, besi silikon, besi mangan dan lain-lain dengan prosentase yang berlainan, untuk setiap type Kawat las. Tebal selaput kawat las sekitar pada 70% sampai 50% dari diameter kawat las bergantung dari type selaput. Pada saat pengelasan, selaput kawat las ini akan ikut mencair serta membuahkan gas CO2 yang membuat perlindungan cairan las, busur listrik serta beberapa benda kerja pada hawa luar. Hawa luar yang memiliki kandungan O2 serta N akan memengaruhi karakter mekanik dari logam Ias. Cairan selaput yang dimaksud terak