Langsung ke konten utama

Cara Mengelas Sambungan Besi Hollow Dengan benar

Cara mengelas sambungan besi hollow dengan benar

Sambungan besi hollow biasanya digunakan untuk bagian besi yang tidak mencukupi atau bisa juga digunakan untuk menggunakan sisa dari sambungan besi hollow lainnya yang tidak cukup panjang dari pada terbuang. Untuk Sambungan besi hollow biasanya di perlukan kemampuan tertentu yang bisa memperkirakan kapan waktunya siap mengelas dan kapan waktunya memulai agar nantinya besi tidak bolong saat di las.

Sebenarnya sambungan besi hollow tipe lurus dan tipe menyamping ini sama saja, yang membedakan hanya arahnya saja. Selain arah perbedaan selanjutnya adalah adanya bagian yang lumayan sulit untuk di las karena ketutupan oleh besi tersebut, biasanya ini terjadi pada sambungan besi hollow yang menyamping atau tidak lurus dengan besi hollow lainnya.

Baca juga : Cara Mengelas Besi Hollow Galvanis Dengan Aman

Bagi kalian yang saat mengelas malah terjadi kebengkokan biasakan pada saat las selesai lalu langsung lihat pada hasil las. Jika bengkok langsung saja di pukul dengan palu besi ke lawan arah bagian yang bengkok agar besi hollow kembali lurus. Lakukan hal tersebut hingga proses pengelasan selesai, karena jika hal tersebut tidak di lakukan sudah pasti ujung-ujungnya besi bengkok karena tidak di atur sejak las pertama.

Cara mengelas sambungan besi hollow dengan benar

Alat dan Bahan untuk mengelas sambungan besi hollow dengan benar:

1. Besi Tebal, Besi Tebal disini di gunakan sebagai besi test pada saat pertama menggunakan las agar nantinya tidak bolong saat mengelas Besi hollow utama.

2. Besi Hollow, Besi Hollow ini adalah besi utama yang akan di las nantinya.

3. Las, Mesin las dan jangan lupa sambungkan ke sumber listrik.

4. Kawat las standar, Siapkan beberapa Kawat las standar dengan ukuran dan jenis ini pasti sesuai dengan Besi Hollow agar nantinya tidak bolong saat di las.

5. Sarung tangan, Sarung tangan di perlukan untuk melindungi tangan dari percikan api las saat sedang melakukan proses pengelasan.

6. Kacamata dan Masker khusus mengelas, Gunakan juga untuk keamanan saat melakukan pengelasan agar nantinya mata dan hidung tidak terkena serbuk las.

7. Gergaji Besi. Nanti digunakan untuk memotong dan juga membersihkan pinggiran potongan Besi Hollow yang kurang bagus pada perpotongannya.

8. Pensil. Untuk menandai atau membuat garis pada Besi Hollow agar nantinya tidak keluar jalur.

9. Penggaris. Untuk menggaris dan mengukur panjang bagian-bagian yang terdapat pada besi.

Baca juga : Teknik Las Besi Hollow Dengan Las Listrik

Langkah untuk mengelas sambungan besi hollow dengan benar:

1. Gunakan pengaman seperti sarung tangan, kacamata dan masker untuk melindungi tubuh saat sedang mengelas.

2. Pasang Gergaji besi Listrik dengan sumber listrik. Hati-hati terhadap gergaji listrik ini.

3. Perkirakan dan juga garisi bagian Besi Hollow yang akan di potong. Disini kita akan memotong besi hollow dengan arah lurus.

4. Potong Besi Hollow dengan perlahan dan juga berhati-hati, bersihkan pinggiran yang tidak singkron dengan sambungan besi hollow.

Potong Besi Hollow dengan perlahan dan juga berhati-hati

5. Nyalakan mesin las dengan menyambungkan sumber listrik pada mesin.

6. Pasang kawat las pada ujung las dengan perlahan, jangan lupa "pasang dalam keadaan tombol off/ tombol tidak di tekan".

7. Mulai Nyalakan dengan keadaan ON lalu test pada besi yang kita gunakan untuk "TEST".

8. Setelah kita mengetahui berapa lama waktu yang kita butuhkan untuk mengelas, maka kita bisa mulai mengelas pada besi atau Besi Hollow.

9. Mulai mengelas titik kecil pada sambungan Besi Hollow. Setelah itu balikkan Besi Hollow dan las kembali titik, lakukan pada berbagai sisi.

Baca juga : Daftar Harga Besi Hollow Terbaru Semua Ukuran dan Kegunaanya

10. Setelah itu mulai mengelas garis pada Besi Hollow, tetapi secara cepat agar besi hollow tidak berlubang.

11. Ambil Besi Hollow yang sedang di las. Perbaiki lengkungan dan posisi setelah itu mulai lah mengelas dengan "cepat".

12. Las sepersekian detik agar Besi Hollow tidak bocor, setelah kawat las habis pasang kembali dan ulangi pengelasan.

13. Lakukan sampai bagian Besi Hollow lengket semua, lakukan finishing seperti perbaikan bagian yang penyok, bersihkan besi berlebih dan dempul bagian yang kurang bagus.

Nah jangan lupa selalu ukur kelurusan dari las sambungan besi hollow ini, agar nantinya tidak terjadi ke bengkokan saat projek selesai di las.

Sekian Cara mengelas sambungan besi hollow dengan benar dari CaraKitaHD, terima kasih sudah membaca jangan lupa untuk koment dan share :)

 Unuk lebih jelasnya silahkan simak video berikut ini.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyembuhkan Mata Sakit Akibat Mengelas

Cara Menyembuhkan Mata Sakit Akibat Las Listrik - Dalam dunia las ditambah lagi las listrik tentu tidak jauh dari pengalaman yang satu ini . Terpenting buat beberapa pemula yang baru belajar mengerjakan pengelasan . Terkadang mengalami peristiwa sakit pada mata , seperti pandangan yang tampak kabur , mata berasa panas , perih dll . Peristiwa seperti itu akan tidak berlangsung bila Anda telah di bekali pengetahuan yang oke , umumnya berlangsung pada pemula . Berlainan dengan yang telah senior , ditambah lagi yang sehari-harinya menekuni dalam pengelasan . Bisa di yakinkan jauh dari perihal mata sakit di karenakan usai mengelas . Hal itu sempat juga dihadapi oleh admin CaraKitaHD pada saat masih tetap belajar tentang las listrik Itu semua berlangsung sebab minimnya pengetahuan akan apa yang di butuhkan waktu lakukan pengelasan . Yakni dari tingkat saffety atau keamanan saat menjalankan mesin las listrik . Dikit cerita tentang pengalaman diri ini mengenai mata yang sakit karena las . Pe

Cara Mengelas Plat Tipis Agar Tidak Bolong

Plat besi mempunyai banyak ukuran dan ketebalan mulai dari yang kecil hingga yang paling besar. Biasanya plat besi tertentu mempunyai sifat yang mudah tembus saat di las, oleh karena itu kita harus mengetahui teknik atau cara untuk mengelas besi yang mudah tembus las tersebut. Teknik ini perlu di pelajari agar kita paham mengelas besi tipis yang perlu di lengketkan pada bagian sudut-sudutnya tanpa bolong. Penyebab Plat Besi bolong saat di las. Menurut Ide Bagus Masa Kini Plat besi tipis yang bolong saat di las terjadi karena banyak faktor kesalahan. Mulai dari yang paling sederhana hingga kesalahan yang sangat fatal seperti .Plat besi yang bolong saat di las biasanya terjadi karena banyak faktor seperti berikut ini: 1. Plat tipis yang terlalu lama di las. Saat mengelas plat besi tipis, harus lakukan dengan cepat. Jangan sampai plat sudah lengket tetapi kalian tetap menyalahkan lasnya. Karena berbeda 1-2 detik saja dari lama pengelasan bisa menyebabkan plat besi tipis menjadi bolong

Jenis Kawat Las Dan Penggunaanya Untuk Pengelasan

Kawat las berselaput yang digunakan pada Ias busur listrik memiliki ketidaksamaan formasi selaput ataupun kawat Pokok. Pelapisan fluksi pada kawat pokok bisa dengah langkah destrusi, semprot atau celup. Ukuran standard dia­meter kawat pokok dari 1,5 mm sampai 7 mm dengan pan­jang pada 350 sampai 450 mm. Beberapa jenis selaput fluksi pada Kawat las contohnya selulosa, kalsium karbonat (Ca C03), titanium dioksida (rutil), kaolin, kalium oksida mangan, oksida besi, serbuk besi, besi silikon, besi mangan dan lain-lain dengan prosentase yang berlainan, untuk setiap type Kawat las. Tebal selaput kawat las sekitar pada 70% sampai 50% dari diameter kawat las bergantung dari type selaput. Pada saat pengelasan, selaput kawat las ini akan ikut mencair serta membuahkan gas CO2 yang membuat perlindungan cairan las, busur listrik serta beberapa benda kerja pada hawa luar. Hawa luar yang memiliki kandungan O2 serta N akan memengaruhi karakter mekanik dari logam Ias. Cairan selaput yang dimaksud terak