Langsung ke konten utama

Penyebab dan Cara Memperbaiki Jarum Mesin Jahit Sering Patah

Penyebab dan Cara Memperbaiki jarum Mesin Jahit sering patah

Mesin Jahit merupakan alat yang sangat membantu manusia untuk menjahit baju karena dengan mesin ini kita dapat menjahit dengan cepat dari pada menjahit manual dengan tangan. Mesin jahit mempunyai banyak jenis dan harga mulai dari mesin jahit portable yang murah hingga mesin jahit reguler yang mahal juga ada. Biasanya harga dari mesin jahit tersebut akan mempengaruhi kualitas dari jahitan mesin jahit tersebut.

Penyebab jarum Mesin Jahit sering patah

-Jarum yang dibeli stock lama, kemungkinan yang pertama adalah mesin jarum yang lama. Ini artinya kalia membeli satu plastik kecil atau beberapa kumpulan jarum mesin jahit yang sudah lama dan kualitasnya sudah menurun. Saat di test menjahit biasanya jarum tipe ini akan mudah patah dan memang begitu kalian akan terus mengganti dan patah lagi. Solusi untuk masalah ini adalah dengan mengganti mata mesin jahit dengan yang baru, yang berasal dari stock baru.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Mesin Jahit Manual Singer JA2

-Mesin salah posisi, Salah posisi juga akan mengakibatkan kerusakan pada mesin jahit karena nantinya tidak sesuai dengan kerjanya. Jarum jahit akan masuk lebih dalam hingga patah, tetapi jika jarum jahit di setting tidak masuk sama sekali maka jarum jahit tidak akan masuk ke dalam baju. Otomatis jarum hanya lewat saja tidak melakukan tugasnya yaitu menjahit baju dengan benang.

-Bahan yang di jahit terlalu tebal, Bahan yang di jahit juga dapat mematahkan jarum mesin jahit apabila terlalu tebal. Biasanya kain tebal yang sering di paksa di jahit dengan mesin jahit normal adalah bahan jeans tebal, ulos, dan kain tebal lainnya. Hal tersebut tidak cocok dengan mesin jahit normal, maka dari itu usahakan menjahitnya sedikit saja jika terpaksa. Dari pada nantinya mesin jahit tambah rusak di bagian lain karena di paksa menjahit kain tebal yang sangat banyak.

Baca juga: Harga Dan Spesifikasi Mesin Jahit JUKI HZL 12Z

Cara Memperbaiki jarum Mesin Jahit sering patah

Alat dan Bahan Memperbaiki jarum Mesin Jahit sering patah
-Obeng, Digunakan untuk membuka bagian ujung mesin jahit agar nantinya kita dapat memperbaiki posisi mesin jahit yang salah tersebut.
-Skoci, Untuk menjahit dari bagian bawah mesin jahit dengan bagus.
-Jarum Jahit stock baru, Untuk digunakan menggantikan jarum mesin jahit yang lama.

Langkah - Langkah Memperbaiki jarum Mesin Jahit sering patah

Mengatasi Jarum mesin jahit stock lama
-Ambil obeng, buka bagian penahan jarum pada mesin jahit.
-Ambil jarum mesin jahit yang lama tadi.
-Kemudian di gantikan dengan jarum mesin jahit yang baru.
-Setelah itu test untuk menjahit, jika memang jarum tidak putus dan tidak ada gangguan lagi berarti jarum lama tersebut adalah masalahnya.

Baca juga: Spesifikasi Mesin Jahit Portable Singer 1306 START

Mengatasi Jarum mesin jahit salah Posisi
-Ambil Skoci kemudian keluarkan dari dalam mesin jahit, setelah itu atur jarum jahit pada putaran paling dalam mencucuk bagian skoci.
-Coba rasakan apakah ada jarum yang terasa masuk ke dalam skoci atau tidak. Jika ada dan terlalu dalam biasanya itulah yang menyebabkan jarum mesin jahit sering putus dan jika tidak berarti itu yang menybabkan jahitkan tidak terjadi.

merasakan ujung jarum jahit

-Ambil obeng, buka bagian kanan ujung dari mesin jahit. Biasanya akan terdapat sekrup di bagian kanan bawahnya lihat dan jika sudah terlihat buka perlahan agar mesin penusuk tidak jatuh.
-Coba rasakan sambil di tusuk bagian skoci apakah jarum sudah masuk atau belum, tusukan jarum mesin jahit jangan terlalu dalam dan jangan sampai tidak terasa.
-Rasakan saja jarum kena pada ujung jari tetapi tidak menusuk, itulah posisi yang bagus untuk jarum jahit.

Baca juga: Harga Dan Spesifikasi Mesin Jahit Manual Butterfly JA 1-1

-Kemudian pasang kembali bagian kanan ujung dari mesin jahit. Usahakan dengan posisi yang sudah bagus seperti yang tadi Ide Bagus Masa Kini jelaskan, yaitu jarum jangan terlalu menusuk dan jarum harus sampai juga pada skoci.
-Pasang kembali semua perangkat dengan benar. Lalu test menjahit dengan beberapa kain jika benar maka masalah sudah terselesaikan dengan langka - langkah yang sudah kita lakukan tadi.

test menjahit


Sekian Penyebab dan Cara Memperbaiki jarum Mesin Jahit sering patah dari Ide Bagus Masa Kini, terima kasih sudah membaca jangan lupa untuk koment dan share :)

Unuk lebih jelasnya silahkan simak video berikut

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyembuhkan Mata Sakit Akibat Mengelas

Cara Menyembuhkan Mata Sakit Akibat Las Listrik - Dalam dunia las ditambah lagi las listrik tentu tidak jauh dari pengalaman yang satu ini . Terpenting buat beberapa pemula yang baru belajar mengerjakan pengelasan . Terkadang mengalami peristiwa sakit pada mata , seperti pandangan yang tampak kabur , mata berasa panas , perih dll . Peristiwa seperti itu akan tidak berlangsung bila Anda telah di bekali pengetahuan yang oke , umumnya berlangsung pada pemula . Berlainan dengan yang telah senior , ditambah lagi yang sehari-harinya menekuni dalam pengelasan . Bisa di yakinkan jauh dari perihal mata sakit di karenakan usai mengelas . Hal itu sempat juga dihadapi oleh admin CaraKitaHD pada saat masih tetap belajar tentang las listrik Itu semua berlangsung sebab minimnya pengetahuan akan apa yang di butuhkan waktu lakukan pengelasan . Yakni dari tingkat saffety atau keamanan saat menjalankan mesin las listrik . Dikit cerita tentang pengalaman diri ini mengenai mata yang sakit karena las . Pe

Cara Mengelas Plat Tipis Agar Tidak Bolong

Plat besi mempunyai banyak ukuran dan ketebalan mulai dari yang kecil hingga yang paling besar. Biasanya plat besi tertentu mempunyai sifat yang mudah tembus saat di las, oleh karena itu kita harus mengetahui teknik atau cara untuk mengelas besi yang mudah tembus las tersebut. Teknik ini perlu di pelajari agar kita paham mengelas besi tipis yang perlu di lengketkan pada bagian sudut-sudutnya tanpa bolong. Penyebab Plat Besi bolong saat di las. Menurut Ide Bagus Masa Kini Plat besi tipis yang bolong saat di las terjadi karena banyak faktor kesalahan. Mulai dari yang paling sederhana hingga kesalahan yang sangat fatal seperti .Plat besi yang bolong saat di las biasanya terjadi karena banyak faktor seperti berikut ini: 1. Plat tipis yang terlalu lama di las. Saat mengelas plat besi tipis, harus lakukan dengan cepat. Jangan sampai plat sudah lengket tetapi kalian tetap menyalahkan lasnya. Karena berbeda 1-2 detik saja dari lama pengelasan bisa menyebabkan plat besi tipis menjadi bolong

Jenis Kawat Las Dan Penggunaanya Untuk Pengelasan

Kawat las berselaput yang digunakan pada Ias busur listrik memiliki ketidaksamaan formasi selaput ataupun kawat Pokok. Pelapisan fluksi pada kawat pokok bisa dengah langkah destrusi, semprot atau celup. Ukuran standard dia­meter kawat pokok dari 1,5 mm sampai 7 mm dengan pan­jang pada 350 sampai 450 mm. Beberapa jenis selaput fluksi pada Kawat las contohnya selulosa, kalsium karbonat (Ca C03), titanium dioksida (rutil), kaolin, kalium oksida mangan, oksida besi, serbuk besi, besi silikon, besi mangan dan lain-lain dengan prosentase yang berlainan, untuk setiap type Kawat las. Tebal selaput kawat las sekitar pada 70% sampai 50% dari diameter kawat las bergantung dari type selaput. Pada saat pengelasan, selaput kawat las ini akan ikut mencair serta membuahkan gas CO2 yang membuat perlindungan cairan las, busur listrik serta beberapa benda kerja pada hawa luar. Hawa luar yang memiliki kandungan O2 serta N akan memengaruhi karakter mekanik dari logam Ias. Cairan selaput yang dimaksud terak